Senam Zumba

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Suka melakukan gerakan tari dengan musik cepat yang gembira? Ada Zumba yang dapat membuat tubuh bugar dan hati gembira karena dilakukan bersama-sama dengan iringan musik ceria.

“Zumba” berasal dari kata dari bahasa Kolombia yang berarti bersenang-senang dan bergerak cepat. Senam Zumba adalah rangkaian gerakan kardiovaskular yang menyenangkan dan mudah diikuti, diiringi musik. Gerakan aerobik berbasis tarian ini diiringi kombinasi musik Latin dan internasional dengan irama cepat maupun sedang.
Zumba diciptakan tanpa sengaja oleh Alberto Perez, instruktur aerobik yang lupa membawa musik yang biasa dia gunakan. Kemudian dia memutar musik dansa yang biasa digunakannya untuk menari. Saat melakukan senam aerobik dengan musik tersebut, ternyata peserta sangat menyukainya. Menggandeng pengusaha, pada tahun 2002 Perez mulai menjual DVD senam dengan musik Latin yang mereka namakan Zumba.

Senam tersebut menjadi mendunia ketika akhirnya Perez mulai menulis panduan dan memberikan pelatihan Zumba. Kini Zumba telah dipraktikkan di lebih dari 40 negara. Selain untuk orang dewasa, terdapat juga program Zumbatomic untuk anak-anak usia 5-12 tahun. Selain musik Latin seperti salsa dan samba, kini musik Zumba menjadi lebih beragam dengan paduan musik lainnya, seperti hip-hop.

Senam Zumba: Sehat dan Senang
Gerakan senam Zumba dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakkan sebagian besar otot tubuh sehingga bermanfaat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan detak jantung. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari senam Zumba: 
  • Membakar kelebihan kalori. Melakukan senam Zumba selama 60 menit dapat membakar sekitar 450 kalori. 
  • Perpaduan berbagai gerakan, mulai hiphop, cha-cha, salsa, hingga tari perut dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal. 
  • Membuat pikiran lebih tajam. Rangkaian gerakan Zumba membuat orang perlu mengingat tahap demi tahap gerakan tersebut untuk dapat mempraktikkannya. 
  • Meningkatkan koordinasi antar-anggota tubuh. 
  • Meningkatkan stamina tubuh. 
  • Meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. Gerakan-gerakan Zumba berkonsentrasi dalam membentuk bagian-bagian tubuh yang penting untuk ketahanan tulang belakang, seperti otot punggung, bokong, perut, dan kaki bagian atas. 
  • Menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh. 
  • Melakukan olahraga yang menyenangkan seperti Zumba juga membuat Anda suka melakukannya secara teratur sehingga manfaatnya lebih banyak. 
  • Membuat percaya diri, hati senang, dan merasa berenergi. 
  • Zumba selalu dilakukan secara bersama-sama, menjadikan Anda lebih aktif dalam bersosialisasi dan bertemu teman baru. 
Selain itu gerakan-gerakan pada Zumba sengaja dirancang untuk tidak menjadi rumit sehingga mudah dipraktikkan oleh berbagai usia, tingkat kebugaran, dan kemampuan. Olahraga ini juga dapat dimodifikasi menjadi lebih ringan sehingga dapat menjadi olahraga low-impact yang bisa dipraktikkan oleh lansia dan pemula.

Zumba untuk Pemula
Meski dapat dilakukan oleh sebagian besar orang dari berbagai usia dan tingkat kebugaran tubuh, namun seperti olahraga lain, senam Zumba tetap harus dilakukan dengan tahapan dan cara yang tepat untuk meminimalisasi cedera. Berikut ini beberapa panduan yang dapat diikuti: 
  • Sebelum mulai melakukan Zumba, berkonsultasilah kepada dokter, terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu. Olahraga ini tidak disarankan untuk ibu hamil karena banyak melibatkan gerakan melompat dan mengubah gerakan dengan cepat. 
  • Ada baiknya untuk mengikuti kelas Zumba dengan instruktur yang telah bersertifikasi atau berpengalaman. 
  • Sebagai awal, ikuti kelas yang menawarkan gerakan Zumba untuk pemula. Terdapat jenis Aqua Zumba dengan irama yang lebih lambat dan Gold Zumba untuk para lansia. 
  • Pastikan ikut melakukan pemanasan sebelum dan pendinginan sesudah Zumba. 
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk bergerak karena Zumba melibatkan banyak gerakan berputar. 
  • Hindari dehidrasi dengan mengonsumsi air saat jeda. 
  • Hindari mengenakan perhiasan untuk mencegah risiko jatuh, tersangkut, atau tergores. 

Senam Zumba dapat menjadi pilihan bagi Anda yang enggan melakukan olahraga individual atau olah tubuh yang terlalu serius. Hati senang, tubuh pun sehat.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :